728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
 
DAUN SIRSAK UNTUK ATASI TRIPS
Daun Sirsak untuk atasi Thrips
Daun Sirsak (Nangka Belanda) ternyata dapat digunakan sebagai bahan pestisida organik untuk mengendalikan Hama Thrips pada tanaman Cabai.
Caranya :
50 - 100 lembar daun sirsak dihaluskan (boleh pake blender) dan dicampur dengan 5 liter air kemudian didiamkan selama sehari semalam, rendaman tersebut kemudian disaring dengan kain.
1 liter hasil saringan dapat dicampurkan dengan 1 tangki semprot ukuran 17 liter, dan gunakan untuk menyemprot tanaman cabe, Thrips pun akan lenyap.


Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: DAUN SIRSAK UNTUK ATASI TRIPS - 9756people
Info Petani -
TRIK BEN GAK LEMOT
Trik biar pengunjung blog tidak antri kalo mau masuk (istilah jogjane ben ora lemot):

1. Di Header atau tempat judul jangan di taruh gambar yang begitu besar.

2. Gunakan kode murni HTML dalam membuat template.

3. Jangan kebanyakan gambar yang tidak begitu berguna.

4. Jangan kebanyakan widget yang tidak berguna.



Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: TRIK BEN GAK LEMOT - 9756people
Info Petani -
TIGA LAPIS TANAMAN
Saat merancang tanam, keragaman tanaman yang harus diperhatikan tidak saja dilihat dari banyaknya jenis yang ditanam. Keragaman tanaman yang akan membentuk berbagai strata tanaman juga penting dijadikan pertimbangan saat memilih tanaman. Seperti di hutan yang alami, pepohonan yang tumbuh dibedakan atas 3 lapisan, yaitu:
1. strata yang palingatas adalah tanaman peteduh. Umumnya bentuk tanaman menjulang tinggi, menaungi tanaman di bawahnya. Pohon seperti ini dapat menjadi rumah bagi buruh-burung.
2. strata berikutnya, yang terletak di tengah, adalah tanaman perdu, sebaiknya pilih tanaman peneduh yang daunnya tidak terlalu rapat agar sinar matahari masih dapat menerobos masuk.
3. strata yang paling bawah adalah tanaman penutup tanah, seperti rumput. Sifat tumbuhnya melebar di tanah.
Dengan menerapkan ketiga layer ini di taman, ekosistem yang tercipta akan semakin lengkap. Lahan yang sempit akan dapat menampung jumlah tanaman yang semakain banyak, berkat 3 lapisan ini. (Tabloid Rumah VII).


Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: TIGA LAPIS TANAMAN - 9756people
Info Petani -
ALAMAT INDUSTRI BATIK DI INDONESIA
Berikut ini Petani sajikan data-data alamat pengerajin di Indonesia, semoga bermanfaat.

1. Surabaya dan sekitarnya

Aba Batik
Jl Jokotole 209
PAMEKASAN 69322
0324-329973

Aiwien Batik
Jl Simbar I RT 001/02
BENCULUK 68482
0333-394214

Dua Belas UD
Jl P Diponegoro 84-86
PAMEKASAN 69315
0324-322586

HB Batik
Jl P Diponegoro 118
PAMEKASAN 69315
0324-322741

Indah
Jl Balai Kambang 1 A
PAMEKASAN 69313
0324-323578

Kenongo Pabrik
Jl Kenongo
TULANGAN 61273
031-8851415

Lita Bena UD
Ds Jatipelem RT 05/01
JOMBANG 61451
0321-862031

Murni & Artis
Jl Jetis III 122
SIDOARJO 61213
031-8966184


Gunung Agung Indah
Jl Besakih Rendang
BANGLI
0366-91692

Pesona Madura Batik
Jl P Trunojoyo III 1
BANGKALAN 69112
031-3097934

Rahayu Perus
Jl KH Achmad Dahlan 22
TRENGGALEK 66315
0355-791521

Rusli Batik Tulis CV
Jl Raya Tanjung Bumi
AROSBAYA 69151
031-3071228

Sayu Wiwit Perus
Jl Lingk Sritanjung 3
BANYUWANGI 68431
0333-422642

Srikandi Batik Tulis
Ds Arjowinangun RT 02/004
PACITAN 63516
0357-884056

Tulis Halus Sari Kenongo Batik
Jl Raya Kenongo Tmr 5 RT 001
TULANGAN 61273
031-8852274

Virdes Batik Collection
Jl Simbar I RT 001/02
BENCULUK 68482
0333-394214

Mustamin CV
Jl Raya Tanjung Bumi
AROSBAYA 69151
031-3071200

2. Bali

Alami CV
Br Saba
DENPASAR 80581
0361-292576
Ayari Batik
Jl I Gusti Ngurah Rai 52
GIANYAR 80613
0366-945675

Bali Batik Garment UD
Ds Petulu Ubud
GIANYAR 80571
0366-974662

Dana Batik
Jl Raya Ubud Br Kedewatan
GIANYAR 80571
0366-977363

Darma Tirta Batik
Jl Kintamani
GIANYAR 80552
0366-901342

Kartika Sari Batik
Jl Cemenggon Celuk
DENPASAR 80582
0361-298859

Merta Sari
Jl Raya Ubud Br Kedewatan
GIANYAR 80571
0366-977363

Modern Batik
Jl Pengalasan 202-X
DENPASAR 80117
0361-486197

Monica Batik
Jl Pemogan Gg Soka 2-B
DENPASAR
0361-725569

Phalam Batik
Jl WR Supratman 333
DENPASAR 80233
0361-462215

Putri Ayu
Jl Lapangan Astina Raya
GIANYAR
0366-942658
Putri Ayu
Jl P Diponegoro 51
DENPASAR 80112
0361-225533

Rama Batik CV
Ds Abiansemal Dauh Yeh Cani Br Kedampal
TABANAN 80352
0362-810361

Sari Sedana CV
Jl D Tondano 44
DENPASAR 80228
0361-287653

Surya Batik Garment
Jl Mancawarna Tampak Siring
GIANYAR
0366-901520

Taman Sari
Jl Cemenggon Celuk
DENPASAR 80582
0361-295519


3. Solo dan sekitarnya

43 Batik
Kp Plumbon RT 010/10
SOLO 57554
0271-611821

Alfian Batik
Jl Parang Klitik IV RT 002/05
SOLO 57147
0271-712356

Batik "Wuryaningratan"
Jl Brigjen Slamet Riyadi 261
SOLO
0271-714326

Batik Berkah CV
Jl Raya Songgolangit 6 RT 002/02
SOLO 57194
0271-744496


Batik Cockatoo
Jl Serayu 10 RT 002/14
SOLO
0271-654861

Batik Cokrosumarto
Jl Sidoluhur 18
SOLO
0271-712473

Batik Danar Hadi PT
Jl Dr Rajiman 164
SOLO 57111
0271-644126

Batik Grestenen
Kp Setono 154 RT 002/02
SOLO
0271-712186

Batik Harjonagoro
Jl Yos Sudarso 176
SOLO
0271-643289

Batik Kaoeman
Jl Wijaya Kusuma 17 RT 002/05
SOLO
0271-646182

Batik Niaga Wijaya Dunia PT
Jl Brigjen Slamet Riyadi 275
SOLO 57151
0271-739543

Batik Punokawan
Ds Kliwonan RT 003/02
SOLO
0271-7088236

Batik Puspa Kencana
Jl Sidoluhur 75
SOLO
0271-712288

Batik Semar PT
Jl Laksda Adisucipto 101
SOLO 57144
0271-722937

Batik Sri-Batik Djoko Santoso
Jl P Wijil I 8
SOLO 57154
0271-717680

Batik Tulis Kalingga
Jl Gn Slamet 6 RT 003/01
SOLO
0271-714245

Bratajaya Batik
Jl Kabangan II 2 RT 003/04
SOLO 57148
0271-719494

Brotoseno Batik
Jl Kuyang Sragen RT 004/01
PEDAN 57468
0272-881366

Cempaka Batik
Jl Dr Setono 22 RT 003/02
SOLO
0271-712373
Ethnic Batik & Craft
Jl RA Kartini 30
KLATEN 57416
0272-321389

DF Collection
Kp Mutihan RT 011/11
SOLO 57147
0271-727202

Gaya Bebas Batik
Jl Sekar Jagat 82 RT 002/02
SOLO 57146
0271-719416

GSP PT
Jl Rajiman 578-A
SOLO
0271-724246

Indira Batik
Jl Honggowongso RT 002/08
SOLO 57149
0271-721093
Kepala Kuda
Jl Telukan RT 004/13
SOLO 57552
0271-620745

Kidang Kencana
Kp Tegalsari RT 001/01
SOLO 57148
0271-738325

Kota Bengawan Batik
Kp Kaliwingko RT 004/01
SOLO 57552
0271-621780

Kusuma Batik
Jl Tambora Slt IV 9 RT 004/22
SOLO 57127
0271-851291

Langen Asri
Kp Malangan 23 RT 003/17
SOLO 57161
0271-738009

Masa Kini Batik
Kp Ngenden RT 009/09
SOLO 57193
0271-727176

MHD
Kp Mertodranan RT 003/03
SOLO 57118
0271-647632

Mitra Kencana
Jl Kapt Mulyadi 325
SOLO 57116
0271-662129

Modern Batik PT
Ds Pinggir RT 004/07
SOLO
0271-621925

Morinda Batik
Jl May Kusmanto 100
SOLO
0271-7084664
Nurlan Batik
Jl Tiga Negeri 31 RT 002/02
SOLO
0271-730937

Nyoto Mulyo
Jl Mertrodranan 330 RT 003/03
SOLO 57118
0271-666105

Podorejo Batik UD
Jl Tunggulsari RT 003/16
SOLO 57146
0271-716841

Pradipta Batik
Jl Arjuna VI 3 RT 001/04
SOLO 57155
0271-635618

Pulau Teladan Batik
Jl Parang Kesit 4 RT 002/04
SOLO 57147
0271-714773

Puri Art
Perum Bulu 4-5 RT 006/17
SOLO
0271-6820261

Puspita Mekar Batik
Jl Parang Pamor RT 001/04
SOLO 57147
0271-740304

Putri Ayu Konveksi Batik
Kp Jagalan RT 005/05
SOLO 57148
0271-729831

Rama Shinta Batik CV
Jl Mahabrata RT 003/07
SOLO
0271-821102

Rudi Collection
Jl Brigjen Slamet Riyadi 463 RT 001/15
SOLO 57161
0271-714134
Rumah Batik Ny Hartini
Jl Kalilarangan 5
SOLO 57152
0271-636780

Sabarudin Gagitex
Kp Jatisobo RT 002/07
KARANGANYAR SURAKARTA 57511
0271-492890

Sadewa Batik
Jl Kuyang 12
SRAGEN 57251
0271-881388

Sanggar Pujan
Jl Raya Solo Sragen 99 RT 003/01
SOLO 57762
0271-827304

Segoro Inten
Jl KH Samanhudi 77 RT 001/04
SOLO 57147
0271-712092

Soko Manunggal
Kp Karandang RT 003/05
SOLO 57157
0271-631624

Srijaya Toko
Psr Klewer Los E/58-59
SOLO
0271-635397

Sutra Biru
Jl Wiropaten 12 RT 002/10
SOLO 57118
0271-663527

Tatik Batik
Jl Kuyang 12
SRAGEN 57251
0271-881388

Tiga Negeri Batik
Jl Ir H Juanda 26
SOLO 57121
0271-633277

Tresnadi Batik
Jl Empu Barada 5 RT 001/05
SOLO
0271-744505

Venny Batik
Jl Windan RT 003/06
SOLO 57169
0271-711868

Winda Sari Batik
Kp Kuyang RT 03/01
SRAGEN
0271-7006010

Yan Batik
Kp Sumber Krajan RT 001/01
SOLO 57138
0271-736566

Yoesoef Lahji Batik
Jl Wahyu Tumurun 7
SOLO 57148
0271-716227

Almatex PT
Jl Kaliwingko 23
SOLO 57117
0271-620877

4. Cirebon dan sekitarnya

Buseri Batik
Ds Kalibaru Gg Sibanjir 12 RT 004/05
PLERED CIREBON
0231-320532

Batik Dara Shella
Jl Trusmi Kulon 290
CIREBON
0231-3384296

Garutan Ratna Sari Batik
Jl Gn Payung 48
GARUT 44115
0262-233852

Laka Tunggale
Jl Flores I 42 RT 005/09
TEGAL 52122
0283-321160

Antika Mukti
Jl Kopral Yahya 59 RT 005/01
INDRAMAYU 45211
0234-275959


5. Jakarta dan sekitarnya

Dharma Ayu Batik
Jl Moh Toha 77
BANDUNG 40255
022-5201501

Anugrah Kencana PT
Kompl Batik Village Bl H/17
BEKASI 17550
021-8972054

Batik & Catton Sedjati
Jl Lebak Bulus II Dlm 9 RT 006/04
JAKARTA 12430
021-7664289

Batik 4 Saudara
Jl Industri I Km 22/21
TANGERANG 15710
021-5961752
Batik Indra Kusuma
Jl Praja Dlm 9-B RT 004/07
JAKARTA 12740
021-70384699

Batik Kristiati
Jl Kelapa Sawit Raya 1 RT 011/10
JAKARTA 13120
021-85907069

Batik Pasundan
Jl Kelapa Sawit Raya 1 RT 011/10
JAKARTA 13120
021-85907069



Batik Toraja
Jl Alamanda Raya Kompl Taman Kedoya Baru Bl E-4/21
JAKARTA 11520
021-5801883

BatikThe House Of Mitaka
Jl H Naimun 126
JAKARTA
021-92960126

Binkomara Huma PT
Jl Purworejo 10
JAKARTA 10310
021-31934948

Bintang Terang PT
Jl Industri III Kawasan Industri Jatake Bl AA/2
TANGERANG 15136
021-5908420

Boroko Art Product
Jl Melati VI Kompl Taman Kedaung Bl A-6/16
JAKARTA 15415
021-7420336

Faroh CV Batik
Jl Cempaka Wangi III 23
JAKARTA 10640
021-4204963

Firman Jaya
Jl Senen Pus Perdag Senen Bl 6/A-125 Lt Dasar
JAKARTA 10410
021-4269740

Gajah Mada PT
Jl Industri Raya I 18
TANGERANG 15610
021-5962512

Garuda Batik Textiles PT
Jl Palmerah Brt 4
JAKARTA 11480
021-5483311
Griya Sri Retno Batik
Jl Bongas Kompl Jatiwaringin Asri Bl E-3/18 RT 005/17
JAKARTA 17411
021-8463850
Hadi Putra Gemilang PT
Jl Melawan XXVI 5
JAKARTA 10730
021-6019172

Hardi Batik
Jl Karet Pedurenan 20 Gg Genteng Hijau 20
JAKARTA 12920
021-5251304

Indonesia Busana
Jl Masjid Nur 10
JAKARTA 12210
021-5349509

Isthi Anggana PT
Jl Suaka Alam 17 Kompl Bumi Perkemahan
JAKARTA 13720
021-8447226

Jeffry Batik
Jl Raya Serang Km 22 Bl A/20
TANGERANG
021-5962519

Kampunk Boroko
Jl H Salim I 3 RT 008/10
JAKARTA 12140
021-72792681
Keraton Mas Utama PT
Jl Raya Serang Km 22/8-9
TANGERANG 15810
021-5962178

Keris Batik PT
Jl Tmn Kb Sirih III 12
JAKARTA
021-3910205

Komar Batik
Jl Cibeunying Permai V 20
BANDUNG 40191
022-2500822

Liem Citroadi Batik
Kp Cogreg Km 22/30
TANGERANG 15610
021-5962812

Martha Priatna Batik PT
Jl Raya Serang Km 22 RT 001/03
TANGERANG 15710
021-59400960

Mujur Batik Toko
Gents Shop
Jl Letjen Soeprapto Hotel Cempaka
JAKARTA
021-4260020
Psr Baru Bl H-1/36
BEKASI 17112
021-8810516

Pancaran Widuri Batik
Jl Ampera Raya 16 B RT 006/02
JAKARTA 12550
021-78838612

Parimas Batik
Jl Raya Sindang Barang 165
BOGOR 16610
0251-311119

Perusahaan Oey Kok Tiong Batik PT
Jl Raya Serang Km 22 RT 001/03
TANGERANG 15710
021-5962034

Prada Batik
Jl Abdul Wahab 5 RT 003/02
BOGOR 16330
0251-612213

Rama Sinta PT
Kompl Batik Village Bl M/2
BEKASI 17550
021-8972061

Ramacraft PT
Jl Senen Raya 135-137 Ged Menara Era 2 Lt 2
JAKARTA 10410
021-3860229

Ratu Ratih Toko
Jl Asia Afrika STC Senayan 9 Lt 3
JAKARTA
021-57931837
Sanggar Iro-iro
Jl Tali I
JAKARTA
021-70439891

Sinar Sahabat Toko
Psr Tanah Abang Los AKS Bl D/16
JAKARTA 10250
021-3146812

Srikandi Collection
Kompl Nirwana Estate Bl K/5 RT 007/01
CIBINONG
021-87902242

Sugiarto Batik
Jl Karet IV Bl H/36 Kompl Batik Village
BEKASI 17550
021-8972055

Sumardin II
Jl Raya Serang Kawasan Industri Pasir Bolang Bl A/20 RT 002/03
TANGERANG 15710
021-59302017

Tunas Indah Art
Jl Jatiroto II Kompl Antilope Bl B-6/146 RT 010/07
JAKARTA 17411
021-8462340

Winaga Mas Batik
Jl Raya Serang Km 22 Kawasan Industri Bl B/11
TANGERANG 15610
021-5962738

Wisma Batik
Jl Danau Sunter Utr Bl B-1/A-2 RT 001/10
JAKARTA 14350
021-64716254


6. Yogyakarta dan sekitarnya

Arimbi Collection
Jl Pringgokusuman 31-C RT 034/09
YOGYAKARTA 55272
0274-518135


Apips Kerajinan Batik
Jl Pandega Marta 37-A
YOGYAKARTA 55284
0274-589914

Arka Batik
Jl Jomlangan III 28-B RT 001/30
YOGYAKARTA 55198
0274-379098

Artha Pararta Dharma
Jl Wirasaban Baru 10
YOGYAKARTA 55244
0274-372635

Avis Batik
Jl Soka 12 RT 087/21
YOGYAKARTA 55225
0274-546926

Batik Narendra
Jl Mayjen DI Panjaitan 102
YOGYAKARTA
0274-371557

Batik Nusa Indah CV
Jl Jogja Solo Km 18,5 RT 006/04
KALASAN
0274-492030

Batik Rosano
Jl Gedongan Baru 21
YOGYAKARTA
0274-7432094

Batik Ya-Halwa
Jl Bantul Km 8,5 RT 002
YOGYAKARTA
0274-7482078

Bimo Kurdo Batik
Jl Bimo Kurdo 25
YOGYAKARTA 55221
0274-553633

Chandra Remaja
Jl Panembahan II 91 RT 004/11
YOGYAKARTA 55131
0274-374116
Dadi Sabar
Dsn Kerinjing 2
WATESYOGYA
0274-773894

Dalmi Batik Collection
Jl Suryodiningratan Bl MJ-2 Gg Rahmat 697 RT 010/36
YOGYAKARTA 55141
0274-414200

Bali Nusa Tradisional Tenun Ikat
Jl Samirono Baru 3
YOGYAKARTA 55222
0274-564213

Dia-Dio Batik
Jl Kauman 39
YOGYAKARTA 55122
0274-377888

Genthong Batik
Jl Rotowijayan 20-A RT 043/12
YOGYAKARTA 55132
0274-381844

Harumi Batik
Jl Kadipaten Kidul 63
YOGYAKARTA 55132
0274-414185

Janoko Batik
Jl Malioboro 81
YOGYAKARTA 55271
0274-511002

Kabul Art Gallery
Jl Timoho 29-A
YOGYAKARTA 55165
0274-566669

Kejora Batik
Jl Janti Gg Damar 15 RT 009/04
YOGYAKARTA 55281
0274-484887

KRT Daud Wiryo Hadinagoro Batik
Jl Malioboro 52-58 Hotel Ibis
YOGYAKARTA 55271
0274-516974

Lombok Abang Craft
Dsn Pringgan Pendowoharjo
BANTUL 55711
0274-766533

Luwes Putra Art
Jl Mangkuyudan 45
YOGYAKARTA 55143
0274-376144
Mataram Rumah Batik
Jl Suryadiningratan 20
YOGYAKARTA 55141
0274-372940

Nakulo Sadewo
Jl Kapt Haryadi 9 A-B
SLEMAN 55514
0274-867187

Pertiwi Batik
Jl Sisingamangaraja 67
YOGYAKARTA 55153
0274-385678

Pertiwi Group
Jl Malioboro 23
YOGYAKARTA
0274-512510

Perusahaan Hadiprijanto Batik
Jl Mruyung 46
BANYUMAS
0281-796046

Picuk Design
Jl Tirtodipuran 22 RT 020/06
YOGYAKARTA 55143
0274-377738

Plentong Batik
Jl Tirtodipuran 48
YOGYAKARTA
0274-373777




Puji Batik Antik & Craft
Jl Tegal Melati Bl UH-2/361 RT 023/07
YOGYAKARTA 55165
0274-540961

Rizki Ayu
Jl Parangtritis Km 6,5
YOGYAKARTA 55143
0274-414582

Rudy Craft
Jl Mesjid 44
YOGYAKARTA 55111
0274-545781

Senastri Batik & Handy Craft Perus
Jl Nagan Kidul 4 RT 025/06
YOGYAKARTA 55133
0274-372984

Soemihardjo CV
Jl Mangkuyudan 23
YOGYAKARTA 55143
0274-373061

Tawon Gung
Jl Pogung Baru Bl H/8
YOGYAKARTA 55284
0274-523468


7. Jateng bagian pantura

Asti Jaya Utama
Ruko Mentari 3
KAJEN
0285-381020

Maranatha Batik
Jl Karangturi Gg Satu 1
LASEM
0295-531224


Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: ALAMAT INDUSTRI BATIK DI INDONESIA - 9756people
Info Petani -
SEJARAH BATIK INDONESIA
Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa..
Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.
Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjuangan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedagang Muslim melawan perekonomian Belanda.
Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal di luar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka ke luar kraton dan dikerjakan di tempatnya masing-masing.
Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri.
Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai tediri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.
Jaman Majapahit
Batik yang telah menjadi kebudayaan di kerajaan Majahit, dapat ditelusuri di daerah Mojokerto dan Tulung Agung. Mojoketo adalah daerah yang erat hubungannya dengan kerajaan Majapahit semasa dahulu dan asal nama Majokerto ada hubungannya dengan Majapahit. Kaitannya dengan perkembangan batik asal Majapahit berkembang di Tulung Agung adalah riwayat perkembangan pembatikan di daerah ini, dapat digali dari peninggalan di zaman kerajaan Majapahit. Pada waktu itu daerah Tulungagung yang sebagian terdiri dari rawa-rawa dalam sejarah terkenal dengan nama daerah Bonorowo, yang pada saat berkembangnya Majapahit daerah itu dikuasai oleh seorang yang benama Adipati Kalang, dan tidak mau tunduk kepada kerajaan Majapahit.
Diceritakan bahwa dalam aksi polisionil yang dilancarkan oleh Majapahati, Adipati Kalang tewas dalam pertempuran yang konon dikabarkan di sekitar desa yang sekarang bernama Kalangbret. Demikianlah maka petugas-petugas tentara dan keluara kerajaan Majapahit yang menetap dan tinggal di wilayah Bonorowo atau yang sekarang bernama Tulungagung antara lain juga membawa kesenian membuat batik asli.
Daerah pembatikan sekarang di Mojokerto terdapat di Kwali, Mojosari, Betero dan Sidomulyo. Di luar daerah Kabupaten Mojokerto ialah di Jombang. Pada akhir abad ke-XIX ada beberapa orang kerajinan batik yang dikenal di Mojokerto, bahan-bahan yang dipakai waktu itu kain putih yang ditenun sendiri dan obat-obat batik dari soga jambal, mengkudu, nila tom, tinggi dan sebagainya.
Obat-obat luar negeri baru dikenal sesudah perang dunia kesatu yang dijual oleh pedagang-pedagang Cina di Mojokerto. Batik cap dikenal bersamaan dengan masuknya obat-obat batik dari luar negeri. Cap dibuat di Bangil dan pengusaha-pengusaha batik Mojokerto dapat membelinya di pasar Porong Sidoarjo. Pasar Porong ini sebelum krisis ekonomi dunia dikenal sebagai pasar yang ramai, dimana hasil-hasil produksi batik Kedungcangkring dan Jetis Sidoarjo banyak dijual. Waktu krisis ekonomi, pengusaha batik Mojokerto ikut lumpuh, karena pengusaha-pengusaha kebanyakan kecil usahanya. Sesudah krisis kegiatan pembatikan timbul kembali sampai Jepang masuk ke Indonesia, dan waktu pendudukan Jepang kegiatan pembatikan lumpuh lagi. Kegiatan pembatikan muncul lagi sesudah revolusi dimana Mojokerto sudah menjadi daerah pendudukan.
Ciri khas dari batik Kalangbret dari Mojokerto adalah hampir sama dengan batik-batik keluaran Yogyakarta, yaitu dasarnya putih dan warna coraknya coklat muda dan biru tua. Yang dikenal sejak lebih dari seabad yang lalu tempat pembatikan di desa Majan dan Simo. Desa ini juga mempunyai riwayat sebagai peninggalan dari zaman peperangan Pangeran Diponegoro tahun 1825.
Meskipun pembatikan dikenal sejak jaman Majapahit namun perkembangan batik mulai menyebar sejak pesat di daerah Jawa Tengah, Surakarta dan Yogyakata, pada jaman kerajaan di daerah ini. Hal itu tampak bahwa perkembangan batik di Mojokerto dan Tulung Agung berikutnya lebih dipengaruhi corak batik Solo dan Yogyakarta.
Didalam berkecamuknya clash antara tentara kolonial Belanda dengan pasukan-pasukan pangeran Diponegoro maka sebagian dari pasukan-pasukan Kyai Mojo mengundurkan diri ke arah timur dan sampai sekarang bernama Majan. Sejak zaman penjajahan Belanda hingga zaman kemerdekaan ini desa Majan berstatus desa Merdikan (Daerah Istimewa), dan kepala desanya seorang kyai yang statusnya turun-temurun. Pembuatan batik Majan ini merupakan naluri (peninggalan) dari seni membuat batik zaman perang Diponegoro itu.
Warna babaran batik Majan dan Simo adalah unik karena warna babarannya merah menyala (dari kulit mengkudu) dan warna lainnya dari tom. Sebagai batik sutra sejak dahulu kala terkenal juga di daerah desa Sembung, yang para pengusaha batik kebanyakan berasal dari Solo yang datang di Tulungagung pada akhir abad ke-XIX. Hanya sekarang masih terdapat beberapa keluarga pembatikan dari Solo yang menetap di daerah Sembung. Selain dari tempat-tempat tesebut juga terdapat daerah pembatikan di Trenggalek dan juga ada beberapa di Kediri, tetapi sifat pembatikan sebagian kerajinan rumah tangga dan babarannya batik tulis.
Jaman Penyebaran Islam
Riwayat pembatikan di daerah Jawa Timur lainnya adalah di Ponorogo, yang kisahnya berkaitan dengan penyebaran ajaran Islam di daerah ini. Riwayat Batik disebutkan masalah seni batik di daerah Ponorogo erat hubungannya dengan perkembangan agama Islam dan kerajaan-kerajaan dahulu. Konon, di daerah Batoro Katong, ada seorang keturunan dari kerajaan Majapahit yang namanya Raden Katong adik dari Raden Patah. Batoro Katong inilah yang membawa agama Islam ke Ponorogo dan petilasan yang ada sekarang ialah sebuah mesjid di daerah Patihan Wetan.
Perkembangan selanjutanya, di Ponorogo, di daerah Tegalsari ada sebuah pesantren yang diasuh Kyai Hasan Basri atau yang dikenal dengan sebutan Kyai Agung Tegalsari. Pesantren Tegalsari ini selain mengajarkan agama Islam juga mengajarkan ilmu ketatanegaraan, ilmu perang dan kesusasteraan. Seorang murid yang terkenal dari Tegalsari di bidang sastra ialah Raden Ronggowarsito. Kyai Hasan Basri ini diambil menjadi menantu oleh raja Kraton Solo.
Waktu itu seni batik baru terbatas dalam lingkungan kraton. Oleh karena putri keraton Solo menjadi istri Kyai Hasan Basri maka dibawalah ke Tegalsari dan diikuti oleh pengiring-pengiringnya. Disamping itu banyak pula keluarga kraton Solo belajar dipesantren ini. Peristiwa inilah yang membawa seni batik keluar dari kraton menuju ke Ponorogo. Pemuda-pemudi yang dididik di Tegalsari ini kalau sudah keluar, dalam masyarakat akan menyumbangkan darma batiknya dalam bidang-bidang kepamongan dan agama.
Daerah pembatikan lama yang bisa kita lihat sekarang ialah daerah Kauman, yaitu Kepatihan Wetan sekarang dan dari sini meluas ke desa-desa Ronowijoyo, Mangunsuman, Kertosari, Setono, Cokromenggalan, Kadipaten, Nologaten, Bangunsari, Cekok, Banyudono dan Ngunut. Waktu itu obat-obat yang dipakai dalam pembatikan ialah buatan dalam negeri sendiri dari kayu-kayuan antara lain pohon tom, mengkudu, kayu tinggi. Sedangkan bahan kain putihnya juga memakai buatan sendiri dari tenunan gendong. Kain putih import bam dikenal di Indonesia kira-kira akhir abad ke-19.
Pembuatan batik cap di Ponorogo baru dikenal setelah perang dunia pertama yang dibawa oleh seorang Cina bernama Kwee Seng dari Banyumas. Daerah Ponorogo awal abad ke-20 terkenal batiknya dalam pewarnaan nila yang tidak luntur dan itulah sebabnya pengusaha-pengusaha batik dari Banyumas dan Solo banyak memberikan pekerjaan kepada pengusaha-pengusaha batik di Ponorogo. Akibat dikenalnya batik cap maka produksi Ponorogo setelah perang dunia petama sampai pecahnya perang dunia kedua terkenal dengan batik kasarnya, yaitu batik cap mori biru. Pasaran batik cap kasar Ponorogo kemudian terkenal seluruh Indonesia.

Batik Solo dan Yogyakarta
Dari kerjaan-kerajaan di Solo dan Yogyakarta sekitarya abad 17,18 dan 19, batik kemudian berkembang luas, khususnya di wilayah Pulau Jawa. Awalnya batik hanya sekadar hobi dari para keluarga raja di dalam berhias lewat pakaian. Namun perkembangan selanjutnya, oleh masyarakat batik dikembangkan menjadi komoditi perdagangan.
Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya baik dalam proses cap maupun dalam batik tulisnya. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”.
Sedangkan asal-usul pembatikan di daerah Yogyakarta dikenal semenjak kerajaan Mataram ke-I dengan rajanya Panembahan Senopati. Daerah pembatikan pertama ialah di desa Plered. Pembatikan pada masa itu terbatas dalam lingkungan keluarga kraton yang dikerjakan oleh wanita-wanita pembantu ratu. Dari sini pembatikan meluas pada trap pertama pada keluarga kraton lainnya yaitu, istri dari abdi dalem dan tentara-tentara. Pada upacara resmi kerajaan keluarga kraton baik pria maupun wanita memakai pakaian dengan kombinasi batik dan lurik. Oleh karena kerajaan ini mendapat kunjungan dari rakyat dan rakyat tertarik pada pakaian-pakaian yang dipakai oleh keluarga kraton dan ditiru oleh rakyat dan akhirnya meluaslah pembatikan keluar dari tembok kraton.
Akibat dari peperangan waktu zaman dahulu baik antara keluarga raja-raja maupun antara penjajahan Belanda dahulu, maka banyak keluarga-keluarga raja yang mengungsi dan menetap di daerah-daerah baru antara lain ke Banyumas, Pekalongan, dan ke daerah Timur Ponorogo, Tulungagung dan sebagainya. Meluasnya daerah pembatikan ini sampai ke daerah-daerah itu menurut perkembangan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dimulai abad ke-18. Keluarga-keluarga kraton yang mengungsi inilah yang mengembangkan pembatikan seluruh pelosok pulau Jawa yang ada sekarang dan berkembang menurut alam dan daerah baru itu.
Perang Pangeran Diponegoro melawan Belanda, mendesak sang pangeran dan keluarganya serta para pengikutnya harus meninggalkan daerah kerajaan. Mereka kemudian tersebar ke arah Timur dan Barat. Kemudian di daerah-daerah baru itu para keluarga dan pengikut pangeran Diponegoro mengembangkan batik.
Ke Timur batik Solo dan Yogyakarta menyempurnakan corak batik yang telah ada di Mojokerto serta Tulung Agung. Selain itu juga menyebar ke Gresik, Surabaya dan Madura. Sedang ke arah Barat batik berkembang di Banyumas, Pekalongan, Tegal, Cirebon.
Perkembangan Batik di Kota-kota lain
Perkembangan batik di Banyumas berpusat di daerah Sokaraja dibawa oleh pengikut-pengikut Pangeran Diponegero setelah selesainya peperangan tahun 1830, mereka kebanyakan menetap di daerah Banyumas. Pengikutnya yang terkenal waktu itu ialah Najendra dan dialah mengembangkan batik celup di Sokaraja. Bahan mori yang dipakai hasil tenunan sendiri dan obat pewarna dipakai pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang memberi warna merah kesemuan kuning.
Lama kelamaan pembatikan menjalar pada rakyat Sokaraja dan pada akhir abad ke-XIX berhubungan langsung dengan pembatik di daerah Solo dan Ponorogo. Daerah pembatikan di Banyumas sudah dikenal sejak dahulu dengan motif dan warna khususnya dan sekarang dinamakan batik Banyumas. Setelah perang dunia kesatu pembatikan mulai pula dikerjakan oleh Cina disamping mereka dagang bahan batik. .
Sama halnya dengan pembatikan di Pekalongan, para pengikut Pangeran Diponegoro yang menetap di daerah ini kemudian mengembangkan usaha batik di sekitara daerah pantai ini, yaitu selain di daerah Pekalongan sendiri, batik tumbuh pesat di Buaran, Pekajangan dan Wonopringgo. Adanya pembatikan di daerah-daerah ini hampir bersamaan dengan pembatikan daerah-daerah lainnya, yaitu sekitar abad ke-XIX. Perkembangan pembatikan di daerah-daerah luar selain dari Yogyakarta dan Solo erat hubungannya dengan perkembangan sejarah kerajaan Yogya dan Solo.
Meluasnya pembatikan keluar dari kraton setelah berakhirnya perang Diponegoro dan banyaknya keluarga kraton yang pindah ke daerah-daerah luar Yogya dan Solo karena tidak mau kerjasama dengan pemerintah kolonial. Keluarga kraton itu membawa pengikut-pengikutnya ke daerah baru itu dan di tempat itu kerajinan batik terus dilanjutkan dan kemudian menjadi pekerjaan untuk pencaharian.
Corak batik di daerah baru ini disesuaikan pula dengan keadaan daerah sekitarnya. Pekalongan khususnya dilihat dari proses dan desainnya banyak dipengaruhi oleh batik dari Demak. Sampai awal abad ke-XX proses pembatikan yang dikenal ialah batik tulis dengan bahan morinya buatan dalam negeri dan juga sebagian impor. Setelah perang dunia kesatu baru dikenal pembikinan batik cap dan pemakaian obat-obat luar negeri buatan Jerman dan Inggris.
Pada awal abad ke-20 pertama kali dikenal di Pekajangan ialah pertenunan yang menghasilkan stagen dan benangnya dipintal sendiri secara sederhana. Beberapa tahun belakangan baru dikenal pembatikan yang dikerjakan oleh orang-orang yang bekerja disektor pertenunan ini. Pertumbuhan dan perkembangan pembatikan lebih pesat dari pertenunan stagen dan pernah buruh-buruh pabrik gula di Wonopringgo dan Tirto lari ke perusahaan-perusahaan batik, karena upahnya lebih tinggi dari pabrik gula.
Sedang pembatikan dikenal di Tegal akhir abad ke-XIX dan bahwa yang dipakai waktu itu buatan sendiri yang diambil dari tumbuh-tumbuhan : pace/mengkudu, nila, soga kayu dan kainnya tenunan sendiri. Warna batik Tegal pertama kali ialah sogan dan babaran abu-abu setelah dikenal nila pabrik, dan kemudian meningkat menjadi warna merah-biru. Pasaran batik Tegal waktu itu sudah ke luar daerah antara lain Jawa Barat dibawa sendiri oleh pengusaha-pengusaha secara jalan kaki dan mereka inilah menurut sejarah yang mengembangkan batik di Tasik dan Ciamis disamping pendatang-pendatang lainnya dari kota-kota batik Jawa Tengah.
Pada awal abad ke-XX sudah dikenal mori impor dan obat-obat impor baru dikenal sesudah perang dunia kesatu. Pengusaha-pengusaha batik di Tegal kebanyakan lemah dalam permodalan dan bahan baku didapat dari Pekalongan dan dengan kredit dan batiknya dijual pada Cina yang memberikan kredit bahan baku tersebut. Waktu krisis ekonomi pembatik-pembatik Tegal ikut lesu dan baru giat kembali sekitar tahun 1934 sampai permulaan perang dunia kedua. Waktu Jepang masuk kegiatan pembatikan mati lagi.
Demikian pula sejarah pembatikan di Purworejo bersamaan adanya dengan pembatikan di Kebumen, yaitu berasal dari Yogyakarta sekitar abad ke-XI. Pekembangan kerajinan batik di Purworejo dibandingkan dengan di Kebumen lebih cepat di Kebumen. Produksinya sama pula dengan Yogya dan daerah Banyumas lainnya.
Sedangkan di daerah Bayat, Kecamatan Tembayat -Klaten yang letaknya lebih kurang 21 Km sebelah Timur kota Klaten. Daerah Bayat ini adalah desa yang terletak di kaki gunung tetapi tanahnya gersang dan minus. Daerah ini termasuk lingkungan Karesidenan Surakarta dan Kabupaten Klaten dan riwayat pembatikan di sini sudah pasti erat hubungannya dengan sejarah kerajaan kraton Surakarta masa dahulu. Desa Bayat ini sekarang ada petilasan yang dapat dikunjungi oleh penduduknya dalam waktu-waktu tertentu, yaitu “makam Sunan Bayat” di atas gunung Jabarkat. Jadi pembatikan di desa Bayat ini sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Pengusaha-pengusaha batik di Bayat tadinya kebanyakan dari kerajinan dan buruh batik di Solo.
Sementara pembatikan di Kebumen dikenal sekitar awal abad ke-XIX yang dibawa oleh pendatang-pendatang dari Yogya dalam rangka dakwah Islam antara lain yang dikenal ialah Penghulu Nusjaf. Beliau inilah yang mengembangkan batik di Kebumen dan tempat pertama menetap ialah sebelah Timur Kali Lukolo sekarang dan juga ada peninggalan masjid atas usaha beliau. Proses batik pertama di Kebumen dinamakan teng-abang atau blambangan dan selanjutnya proses terakhir dikerjakan di Banyumas/Solo. Sekitar awal abad ke-XX untuk membuat polanya dipergunakan kunir yang capnya terbuat dari kayu. Motif-motif Kebumen ialah pohon-pohon, burung-burungan. Bahan-bahan lainnya yang dipergunakan ialah pohon pace, kemudu dan nila tom.
Pemakaian obat-obat impor di Kebumen dikenal sekitar tahun 1920 yang diperkenalkan oleh pegawai Bank Rakyat Indonesia yang akhimya meninggalkan bahan-bahan bikinan sendiri, karena menghemat waktu. Pemakaian cap dari tembaga dikenal sekitar tahun 1930 yang dibawa oleh Purnomo dari Yogyakarta. Daerah pembatikan di Kebumen ialah di desa Watugarut, Tanurekso yang banyak dan ada beberapa desa lainnya.
Dilihat dengan peninggalan-peninggalan yang ada sekarang dan cerita-cerita yang turun-temurun dari terdahulu, maka diperkirakan di daerah Tasikmalaya batik dikenal sejak zaman “Tarumanagara” dimana peninggalan yang ada sekarang ialah banyaknya pohon tarum didapat di sana yang berguna untuk pembuatan batik waktu itu. Desa peninggalan yang sekarang masih ada pembatikan dikerjakan ialah Wurug terkenal dengan batik kerajinannya, Sukapura, Mangunraja, Maronjaya dan Tasikmalaya kota.
Dahulu pusat dari pemerintahan dan keramaian yang terkenal ialah desa Sukapura, Indihiang yang terletak di pinggir kota Tasikmalaya sekarang. Kira-kira akhir abad ke-XVII dan awal abad ke-XVIII akibat dari peperangan antara kerajaan di Jawa Tengah, maka banyak dari penduduk daerah Tegal, Pekalongan, Ba-nyumas dan Kudus yang merantau kedaerah Barat dan menetap di Ciamis dan Tasikmalaya. Sebagian besar dari mereka ini adalah pengusaha-pengusaha batik daerahnya dan menuju kearah Barat sambil berdagang batik. Dengan datangnya penduduk baru ini, dikenallah selanjutnya pembutan baik memakai soga yang asalnya dari Jawa Tengah. Produksi batik Tasikmalaya sekarang adalah campuran dari batik-batik asal Pekalongan, Tegal, Banyumas, Kudus yang beraneka pola dan warna.
Pembatikan dikenal di Ciamis sekitar abad ke-XIX setelah selesainya peperangan Diponegoro, dimana pengikut-pengikut Diponegoro banyak yang meninggalkan Yogyakarta, menuju ke selatan. Sebagian ada yang menetap di daerah Banyumas dan sebagian ada yang meneruskan perjalanan ke selatan dan menetap di Ciamis dan Tasikmalaya sekarang. Mereka ini merantau dengan keluarganya dan di tempat baru menetap menjadi penduduk dan melanjutkan tata cara hidup dan pekerjaannya. Sebagian dari mereka ada yang ahli dalam pembatikan sebagai pekerjaan kerajinan rumah tangga bagi kaum wanita. Lama kelamaan pekerjaan ini bisa berkembang pada penduduk sekitarnya akibat adanya pergaulan sehari-hari atau hubungan keluarga. Bahan-bahan yang dipakai untuk kainnya hasil tenunan sendiri dan bahan catnya dibuat dari pohon seperti: mengkudu, pohon tom, dan sebagainya.
Motif batik hasil Ciamis adalah campuran dari batik Jawa Tengah dan pengaruh daerah sendiri terutama motif dan warna Garutan. Sampai awal-awal abad ke-XX pembatikan di Ciamis berkembang sedikit demi sedikit, dari kebutuhan sendiri menjadi produksi pasaran. Sedang di daerah Cirebon batik ada kaitannya dengan kerajaan yang ada di daerah ini, yaitu Kanoman, Kasepuhan dan Keprabonan. Sumber utama batik Cirebon, kasusnya sama seperti yang di Yogyakarta dan Solo. Batik muncul lingkungan kraton, dan dibawa keluar oleh abdi dalem yang bertempat tinggal di luar kraton. Raja-raja jaman dulu senang dengan lukisan-lukisan dan sebelum dikenal benang katun, lukisan itu ditempatkan pada daun lontar. Hal itu terjadi sekitar abad ke-XIII. Ini ada kaitannya dengan corak-corak batik di atas tenunan. Ciri khas batik Cirebonan sebagaian besar bermotifkan gambar lambang hutan dan margasatwa. Sedangkan adanya motif laut karena dipengaruhioleh alam pemikiran Cina, dimana kesultanan Cirebon dahulu pernah menyunting putri Cina. Sementra batik Cirebonan yang bergambar garuda karena dipengaruhi oleh motif batik Yogya dan Solo.
Pembatikan di Jakarta
Pembatikan di Jakarta dikenal dan berkembangnya bersamaan dengan daerah-daerah pembatikan lainnya yaitu kira-kira akhir abad ke-XIX. Pembatikan ini dibawa oleh pendatang-pendatang dari Jawa Tengah dan mereka bertempat tinggal kebanyakan di daerah-daerah pembatikan. Daerah pembatikan yang dikenal di Jakarta tersebar di dekat Tanah Abang, yaitu Karet, Bendungan Ilir dan Udik, Kebayoran Lama, dan daerah Mampang Prapatan serta Tebet.
Jakarta sejak zaman sebelum perang dunia kesatu telah menjadi pusat perdagangan antar daerah Indonesia dengan pelabuhannya Pasar Ikan sekarang. Setelah perang dunia kesatu selesai, dimana proses pembatikan cap mulai dikenal, produksi batik meningkat dan pedagang-pedagang batik mencari daerah pemasaran baru. Daerah pasaran untuk tekstil dan batik di Jakarta yang terkenal ialah Tanah Abang, Jatinegara dan Jakarta Kota, yang terbesar ialah Pasar Tanah Abang sejak dari dahulu sampai sekarang. Batik-batik produksi daerah Solo, Yogya, Banyumas, Ponorogo, Tulungagung, Pekalongan, Tasikmalaya, Ciamis dan Cirebon serta lain-lain daerah, bertemu di Pasar Tanah Abang dan dari sini baru dikirim ke daerah-daerah di luar Jawa. Pedagang-pedagang batik yang banyak ialah bangsa Cina dan Arab, bangsa Indonesia sedikit dan kecil.
Oleh karena pusat pemasaran batik sebagian besar di Jakarta khususnya Tanah Abang, dan juga bahan-bahan baku batik diperdagangkan di tempat yang sama, maka timbul pemikiran dari pedagang-pedagang batik itu untuk membuka perusahaan batik di Jakarta dan tempatnya ialah berdekatan dengan Tanah Abang. Pengusaha-pengusaha batik yang muncul sesudah perang dunia kesatu, terdiri dari bangsa Cina, dan buruh-buruh batiknya didatangkan dari daerah-daerah pembatikan Pekalongan, Yogya, Solo dan lain-lain. Selain dari buruh batik luar Jakarta itu, maka diambil pula tenaga-tenaga setempat di sekitar daerah pembatikan sebagai pembantunya. Berikutnya, melihat perkembangan pembatikan ini membawa lapangan kerja baru, maka penduduk asli daerah tersebut juga membuka perusahaan-perusahaan batik. Motif dan proses batik Jakarta sesuai dengan asal buruhnya didatangkan, yaitu Pekalongan, Yogya, Solo, dan Banyumas.
Bahan-bahan baku batik yang dipergunakan ialah hasil tenunan sendiri dan obat-obatnya hasil ramuan sendiri dari bahan-bahan kayu mengkudu, pace, kunyit dan sebagainya. Batik Jakarta sebelum perang terkenal dengan batik kasarnya warnanya sama dengan batik Banyumas. Sebelum perang dunia kesatu bahan-bahan baku cambric sudah dikenal dan pemasaran hasil produksinya di Pasar Tanah Abang dan daerah sekitar Jakarta.
Pembatikan di Luar Jawa
Dari Jakarta, yang menjadi tujuan pedagang-pedagang di luar Jawa, maka batik kemudian berkembang di seluruh penjuru kota-kota besar di Indonesia yang ada di luar Jawa, daerah Sumatera Barat misalnya, khususnya daerah Padang, adalah daerah yang jauh dari pusat pembatikan di kota-kota Jawa, tetapi pembatikan bisa berkembang di daerah ini.
Sumatera Barat termasuk daerah konsumen batik sejak zaman sebelum perang dunia kesatu, terutama batik-batik produksi Pekalongan (saingannya) dan Solo serta Yogya. Di Sumatera Barat yang berkembang terlebih dahulu adalah industri tenun tangan yang terkenal “tenun Silungkang” dan “tenun plekat”. Pembatikan mulai berkembang di Padang setelah pendudukan Jepang, dimana sejak putusnya hubungan antara Sumatera dengan Jawa waktu pendudukan Jepang, maka persediaan-persediaan batik yang ada pada pedagang-pedagang batik sudah habis dan konsumen perlu batik untuk pakaian sehari-hari mereka. Ditambah lagi setelah kemerdekaan Indonesia, dimana hubungan antara kedua pulau bertambah sukar, akibat blokade-blokade Belanda, maka pedagang-pedagang batik yang biasa hubungan dengan pulau Jawa mencari jalan untuk membuat batik sendiri.
Dengan hasil karya sendiri dan penelitian yang seksama, dari batik-batik yang dibuat di Jawa, maka ditirulah pembuatan pola-polanya dan diterapkan pada kayu sebagai alat cap. Obat-obat batik yang dipakai juga hasil buatan sendiri, yaitu dari tumbuh-tumbuhan seperti mengkudu, kunyit, gambir, damar dan sebagainya. Bahan kain putihnya diambilkan dari kain putih bekas dan hasil tenun tangan. Perusahaan batik pertama muncul yaitu daerah Sampan Kabupaten Padang Pariaman tahun 1946 antara lain Bagindo Idris, Sidi Ali, Sidi Zakaria, Sutan Salim, Sutan Sjamsudin dan di Payakumbuh tahun 1948 Sdr. Waslim (asal Pekalongan) dan Sutan Razab. Setelah daerah Padang serta kota-kota lainnya menjadi daerah pendudukan tahun 1949, banyak pedagang-pedagang batik membuka perusahaan-perusahaan/bengkel batik dengan bahannya didapat dari Singapura melalui pelabuhan Padang dan Pekanbaru. Tetapi pedagang-pedagang batik ini setelah ada hubungan terbuka dengan pulau Jawa kembali berdagang dan perusahaannya mati.
Warna dari batik Padang kebanyakan hitam, kuning dan merah ungu serta polanya Banyumasan, Indramayuan, Solo dan Yogya. Sekarang batik produksi Padang lebih maju lagi tetapi tetap masih jauh dari produksi-produksi di pulau Jawa ini. Alat untuk cap sekarang telah dibuat dari tembaga dan produksinya kebanyakan sarung.
Sumber : [Dikutip dari buku 20 Tahun GKBI] via GKBI.info
source:http://batikindonesia.info/2005/04/18/sejarah-batik-indonesia/



Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: SEJARAH BATIK INDONESIA - 9756people
Info Petani -
HALAMAN TUKAR LINK



Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: HALAMAN TUKAR LINK - 9756people
Info Petani -
728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
 
5 Info Petani © 2012 Design Themes By Blog Davit