728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
 
Cara Aman Transaksi Melalui ATM
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: Cara Aman Transaksi Melalui ATM - 9756people
Info Petani - Cara Aman Transaksi Melalui ATM
E Mei Amelia R - detikNews

Jakarta - Kejahatan di mesin ATM semakin marak. Bagi Anda yang sering menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi perbankan, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih mesin ATM yang akan digunakan.

"Kejahatan di ATM ini memang banyak modusnya. Mulai dari yang mencongkel ATM agar ATM-nya tertelan. Bahkan yang nekat, ada yang membobol mesinnya sendiri," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Zulkarnaen kepada detikcom di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (8/1/2009).

Agar tidak menjadi sasaran kejahatan, sebaiknya Anda memperhatikan saran dari pak polisi agar aset Anda selamat. Berikut adalah beberapa tips menggunakan ATM:

Pilihlah mesin ATM yang berada di tempat keramaian, seperti di pusat-pusat perbelanjaan atau kantor-kantor yang menyediakan gerai ATM. Karena di tempat tersebut dilengkapi dengan sekuriti.

"Lebih aman lagi, gunakan mesin ATM yang ada di bank tersebut," kata Zulkarnaen.

Pastikan di mesin tersebut dilengkapi dengan CCTV. Hal ini untuk mengantisipasi apabila Anda menjadi korban di mesin ATM, pelaku bisa dikenali lewat CCTV. Bila perlu, mintalah teman atau kerabat Anda untuk menemani Anda.

"Hindari penggunaan mesin ATM di tempat-tempat yang sepi. Apabila ada orang yang mencurigakan, sebaiknya batalkan untuk menggunakan ATM," lanjut Zulkarnaen.

Setelah yakin mesin ATM Anda aman dan bisa digunakan, pastikan orang yang di belakang Anda tidak mengintip ketika Anda memasukkan kartu ATM Anda. Rahasiakan kode Personal Identification Number (PIN) dengan cara
menutupinya dengan tangan atau tas. "Bila perlu, jadikan badan Anda sebagai pelindung," imbuhnya.

Hindari pengambilan uang yang berlebih, tariklah uang sesuai kebutuhan Anda. Pelaku biasanya mengincar orang yang membawa uang cash dalam jumlah yang banyak.

Setelah Anda melakukan transaksi, sebaiknya Anda masukkan lagi kartu Anda dan masukkan PIN secara acak yang tidak sesuai dengan PIN Anda, lalu batalkan proses transaksi di ATM. Hal ini untuk menghindari kemungkinan PIN tersebut masih "termemori" di mesin ATM.

"Beberapa pelaku menggunakan modus ini. Pelaku biasanya memasukkan kartu khusus yang bisa melacak PIN," katanya.

Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM Anda, jangan sampai tertinggal di mesin. Dan jangan lupa untuk menyobek struk transaksi Anda atau bila perlu, bawalah serta struk tersebut.

"Ini agar orang tidak mengincar kita bila ternyata saldo kita banyak," katanya.

Bila kartu ATM Anda mengalami masalah atau tertelan, jangan panik. Segera telepon call center bank Anda. Mintalah call center bank untuk memblokir kartu ATM Anda. Jangan terbujuk orang yang menawarkan bantuan Anda untuk mengeluarkan kartu Anda.

"Jangan tinggalkan mesin ATM sebelum Anda yakin pihak bank telah memblokir kartu Anda," katanya.

Setelah keluar dari gerai ATM, pastikan Anda tidak diikuti orang. Setelah yakin aman, Anda bisa melakukan aktivitas lainnya dengan aman.(mei/nrl)
dan sekian itulah artikel Cara Aman Transaksi Melalui ATM terimakasih ^_^

SILAHKAN KLIK SUKA DI SINI JIKA SUKA ARTIKELNYA Info Petani^_^



kackdir foto bugil wallpaper uang gambar contoh coreldraw psd cdr
728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
 
5 Info Petani © 2012 Design Themes By Blog Davit