728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
 
Kaidah menyampaikan informasi di radio
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Rating: 5 Reviewer: Info Petani - ItemReviewed: Kaidah menyampaikan informasi di radio - 9756people
Info Petani -                                    
Radio adalah suara(sound) media yang hanya bisa didengar (Auditif) suara (Voice) pula yang jadiaset terpenting seorang penyiar sebagai ujung tombak, front liner, sebuah radioyang berinteraksi langsung dengan pendengar.
Agar penyampaianinformasi dapat diterima dengan baik oleh sasaran, maka penyampaian informasiharus mempunyai:
Wawasan. Penyiarharus berwawasan agar siarannya hidup, dinamis, berisi, dan tidak monoton.Kosakata, varietas kata, improvisasi, hanya bisa dilakukan oleh penyiar yangberwawasan luas. Karena itu, banyak baca, jadilah orang yang haus pengetahuan!Dijamin, jika Anda berwawasan luas, takkan kehabisan kata-kata untuk berbicara.
Sense OfMusic Penyiar harus memiliki sense of music yangtinggi. Soalnya, tugas penyiar bukan hanya mutar lagu-­lagu, tapi mesti pahamjuga tentang jenis musik, alat musik, dan artisnya.
Sense Of Humor. Penyiar juga harushumoris, punya bakat menghibur. Bakat itu diperlukan karena profesi penyiarradio dituntut mampu menghibur pendengar. Lagi pula, radio identik denganhiburan (entertaintrnent).
BahasaTutur. Siaran harus menggunakan bahasa tutur, bahasa percakapan (conversationallanguage), demikian juga naskah berita atau iklan. Bahasa tutur yaitubahasa yang dipakai datam pergaulan sehari-hari yang mempunyai ciri khas: (a)kalimatnya sederhana, singkat, kurang lengkap, tidak banyak menggunakan katapenghubung; dan (b) menggunakan kata-kata yang lazim dipakai sehari-hari (spokenwords).
TampilkanSuara Terbaik dengan Rileks. Penyiar adalah "pemainsandiwara" (performer) dan menghadapi tantangan yang sama denganpenyanyi atau aktor. Begitu di atas pentas, di depan kamera, atau di belakang microphone,Anda tidak: akan dapat memberikan penampilan terbaik kecuali jika Andasantai (relax). Tenggorokan tercekik (tight throat), lehertegang, dan pundak yang kaku, akan membuat Anda tidak dapat mengeluarkan suaraterbaik.
Atur Nafas. Matilemas atau kekurangan nafas (suffocation) adalah penyebab kematian nomorsatu di kalangan penyiar. Banyak penyiar biasa terus menahan nafas setamabertutur. Nafas megap-megap tidak akan menghasitkan siaran yang bagus. Bernafassecara tepat adalah dasar siaran profesional. Naskah siaran harus memberikesempatan untuk bernafas. Ketika Anda membaca naskah, buatlah tanda di manaAnda akan mengambil nafas. Ikuti instruksi Anda sendiri dan bernafaslah saatAnda melihat tanda itu. Sikap badan yang baik dan dukungan dari diafragma Anda,akan membuat tiap nafas bekerja lebih lama bagi Anda. Anda bisa latih hal itudengan cara meratakan jari tangan dan tekan diafragma (rongga antara dada danperut). Ketika Anda mulai dengan suara rendah, tekan diafragma Anda dengantangan. Teknik ini akan memberi Anda kekuatan ekstra. Jauhkan mulut Anda dari microphonesaat menarik nafas. Jangan sampai tarikan nafas Anda mengudara.
Visualisasi. Penyiarradio berbicara kepada pendengar yang tidak terlihat. Secara simultan (bersamaan),sebagai penyiar Anda berbicara kepada tidak seorang pun (talk to no one) -karenatidak satu orang pendengar pun yang hadir secara fisik di depan Anda- dankepada setiap orang (talk to everyone), mungkin ribuan pendengar. 'Talk toone and eveyone! Penyiar radio juga sering sendirian di ruang siaran, tidakada lawan bicara, hanya ditemani sejumlah "benda mati" - Karenanya,saat siaran, bayangkan Anda sedang berbicara pada seorang teman, atausekelompok kecil orang. Membayangkan adanya seorang pendengar di depan Anda,akan membantu Anda berkomunikasi secara alamiah, gaya ngobrol (conversationalway).
TentukanPitihan Kata! Di radio, Anda hanya punya satu kesempatan untuk membuatpendengar Anda mengerti yang Anda kemukakan. Di radio, yang dimiliki pendengarhanya suara Anda. Karena itu, saat menyampaikan sebuah informasi, putuskankata-kata mana yang menjadi kata kunci (key words) dan garis bawahi.Tiap kata memiliki nilai berbeda. Putuskan apa yang akan Anda tekankan, di manalagu kalimat (inflection) Anda akan menaik dan menurun, dan di mana Andaakan bernafas.
Konsentrasi. Jika Anda tidak mendengar apa yang Anda katakan,tidak ada orang lain yang akan mendengar. Siaran yang balk membutuhkankonsentrasi tingkat tinggi. Tidak mudah untuk mengatur nafas Anda, memvisualkanpendengar Anda, dan melaporkan cerita pada saat yang sama. Karena itu,relaksasi adalah kunci konsentrasi.
Latihan. Best voice requires experimentation. Seorangpenyiar harus menemukan suara terbaiknya dan ini butuh eksperimen. Jika Andapunya pilihan mikrofon, cobalah satu per satu untuk menemukan mike palingsesuai bagi Anda.
Bicara kepada satu orang. Bayangkan, pendengar itu satu orang!Orang yang baru pertama kali berbicara di radio, sering secara salahmemvisualkan pendengarnya - membayangkan bahwa pendengar itu ribuan. Padahal,orang yang mendengarkan itu dalam kelompok berjumlah satu orang (in group ofone).
Teman Akrab. Berbicaralah layaknya kepada teman akrab (intimatefriend). Lihat wajah teman Anda itu dalam "pikiran mata" (mind'seye) Anda.
Smile. Senyumlah, meski pendengar tidak melihat Anda. Berbicaradengan senyum, akan terasa hangat, ramah, friendly, di telinga pendengar.
Kontak Mata. Lakukan kontak mata! Pandanglah ia sekali-sekaliuntuk melakukan kontak mata (eye contact), meskipun hanya ada satu orangdi ruangan - Anda sendiri!
Gesture. Gunakan gerakan tubuh (gesture), meskipuntidak ada orang yang melihat Anda. Anda adatah aktor. Saat berbicara di depanumum (public speaking), jika Anda punya mike portable (mudahdibawa), bergerakkah mengitari panggung. Bayangkan Anda adalah seorang aktoryang sedang "mentas" di televisi.
Jeda. Jedalah untuk beberapa detik untuk membiarkan pesan Andasampai ke pendengar. Saat jeda, buatlah kontak mata. Anda juga bisa jeda jikamencari gagasan berikutnya.
Teknik Vokal. harus lancar bicara dengan kualitasvokal yang balk. Teknik vokal yang diperlukan antara lain kontrol suara (voicecontrol) selama siaran, meliputi pola titinada (pitch), kerasnyasuara (loudness), tempo (time), dan ) kadar suara (quality).
Diafragma. Kualitas suara yang diperlukan seorang penyiaradalah "suara perut", suara yang keluar dari rongga badan antara dadadan perut -dikenal dengan sebutan "suara diafragma". Jenis suara iniakan lebih bertenaga (powerful!), bulat, terdengar jelas, dan kerastanpa harus berteriak.
Intonasi. Intonasi (intonation) adalah nada suara,irama bicara, atau alunan nada dalam melafalkan kata-kata, sehingga tidak dataratau tidak monoton. Intonasi menentukan ada tidaknya antusiasme dan emosi dalamberbicara. Misalnya, mengucapkan "Bagus yal" dengan tersenyum dansemangat, akan berbeda dengan mengucapkannya dalam ekspresi wajah datar, bahkannada sinis. Latihan intonasi bisa dengan mengucapkan kata "Aduh"dengan berbagai ekspresi -sedih, kaget, sakit, hang, dan seterunya.
Aksentuasi. Aksentuasi (accentuation) adalah logat ataudialek. Lakukan penekanan (stressing) pada kata-kata tertentu yangdianggap penting. Misal, "Saat sakit, tindakan terbaik adalah dengan minumobat": atau "Saat sakit, tindakan terbaik adatah dengan minumobat": "Saat sakit, tindakan terbaik adatah dengan minum obat".Aksentuasi dapat ditatih dengan cara menggunakan "konsep suku kata".
Speed. Gunakan kecepatan (speed) dan kelambatan berbicarasecara bervariasi. Kecepatan berpengaruh pada kejelasan (clarity), jugadurasi. Apabila waktu siaran sudah mepet, kecepatan diperlukan.
Artikulasi (articulation), yaitu kejelasan pengucapankata-kata. Disebut juga pelafalan kata (pronounciation). Setiap kata yangdiucapkan harus jelas. misalkan harus beda antara ektrem dengan eksim.Seringkali, dijumpai kata atau istilah yang pengucapannya berbeda denganpenulisannya, utamanya kata-kata asing seperti "grand' prix" (grongpri), atau nama-­nama orang Barat - "Tom Cruise" (Tom Cruz), George Bush(Jos Bus). dan banyak lagi.
Be Yourself. Keaslian (naturalness) suara harus keluar.Bicara jangan dibuat-buat. Anda harus menjadi diri sendiri, be yourself, tidakmeniru orang lain.
Ceria. Kelincahan (vitality) clatam berbicara sehinggadinamis dan penuh semangat, cheerful! Anda harus ceria selalu. Janganlemas, lunglai, nanti terkesan tidak mood, apalagi "judes"! Ingat,penyiar adalah penghibur, entertainer!
Hangat. Keramahtamahan (friendliness) sangat penting.Anda harus sopan, hangat, dan akrab. Penyiar profesional menjadi teman dekatbagi pendengar.

Erwin, SP.
Sumber Tulisan : Bahan Diklat Sertifikasi Penyuluh Pertanian Level Supervisor Bapeltan Jambi 2011 dan sekian itulah artikel Kaidah menyampaikan informasi di radio terimakasih ^_^

SILAHKAN KLIK SUKA DI SINI JIKA SUKA ARTIKELNYA Info Petani^_^



kackdir foto bugil wallpaper uang gambar contoh coreldraw psd cdr
728x90 , banner , kackdir , space iklan space banner
 
5 Info Petani © 2012 Design Themes By Blog Davit